4 Penyebab Rambut Kering yang Harus Dihindari

Posted on

Penyebab Rambut Kering – Rambut dan berbagai permasalahannya membuat siapa pun tidak nyaman dan menjadi kurang percaya diri. Mulai dari ketombe, rambut lepek, rontok dan kering. Semua masalah tersebut tentu saja ada penyebabnya. Mengetahui penyebab dari permasalahan Anda, akan memudahkan proses perbaikan. Anda pun tidak akan salah memilih treatment untuk memperbaiki rambut yang bermasalah.

5 Penyebab Rambut Kering yang Harus Dihindari

Khusus untuk Anda yang memiliki rambut kering, perlu diketahui bahwa rambut kering merupakan problematika yang dimiliki banyak orang. Baik pria atau wanita, tua atau muda. Namun, masalah rambut kering ini, biasanya akan semakin parah seiring dengan bertambahnya usia. Sebelum terlambat, ada baiknya untuk mulai mencari tahu mengenai penyebab dan cara mengatasi rambut kering dari sekarang.

Secara alami, rambut dilindungi oleh beberapa lapisan. Lapisan tersebut berupa minyak yang dapat membuat rambut terlihat berkilau. Pada rambut kering, lapisan pelindung ini mengalami kerusakan, sehingga rambut terlihat kusam. Dengan keadaan seperti itu, rambut kering tidak memiliki kemampuan untuk mempertahankan kelembapan alaminya.

Kerusakan pada lapisan rambut tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Secara garis besar, penyebab rambut keringĀ  Berikut ulasannya untuk Anda!

1. Faktor Lingkungan Penyebab Rambut Rontok

Faktor Lingkungan Penyebab Rambut Rontok

Sebagai masyarakat Indonesia yang tinggal di garis khatulistiwa dan beriklim tropis, cahaya matahari bisa dinikmati sepanjang hari. Selain bermanfaat besar bagi kehidupan, sayangnya cahaya matahari juga dapat berbahaya untuk kesehatan. Salah satunya adalah kesehatan rambut.

Rambut yang terpapar panas matahari secara berlebihan dan terus-menerus tanpa pelindung dapat kehilangan kelembapannya. Aktivitas Anda di luar ruangan pada siang hari dan tanpa perlindungan sama sekali, lambat-laun dapat membuat rambut kering dan rusak. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan topi atau pelembap rambut.

Selain sinar matahari yang berlebihan, angin serta kelembapan udara yang rendah juga dapat membuat rambut menjadi kering. Contoh paling mudah adalah saat Anda pergi ke pantai tanpa topi atau pelembap rambut. Angin yang kencang terasa menyejukkan, tetapi tanpa disadari rambut akan terasa sangat kering, bukan?

Baca Juga  Rekomendasi 15 Merk Shampo Penumbuh Rambut Ampuh

2. Kebiasaan Jelek yang Menyebabkan Rambut Kering

Kebiasaan Jelek yang Menyebabkan Rambut Kering

Anda hobi berenang? Mulai sekarang ada baiknya untuk menggunakan pelindung rambut sebelum memulai berenang. Pasalnya, kandungan klorin yang ada di dalam kolam renang dapat membuat rambut menjadi kering.

Klorin sendiri merupakan zat yang umum digunakan untuk membunuh bakteri di dalam air. Meski memiliki fungsi penting, klorin dapat berbahaya bagi rambut Anda. Mulai sekarang pastikan untuk memakai pelindung rambut saat akan berenang, baik berupa hair cup atau pelembap rambut.

Kebiasaan jelek terhadap rambut yang dapat menyebabkan rambut kering lainnya adalah mencuci rambut dengan berlebihan. Menginginkan rambut senantiasa bersih tentu baik. Namun, jika Anda mencucinya terlalu sering dan berlebihan, hal tersebut justru berdampak buruk bagi kesehatan rambut. Rambut bisa kehilangan lapisan minyak alaminya kemudian menjadi kering.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu mencucinya setiap hari. Cukup 3-4 kali dalam seminggu. Khusus untuk rambut keriting, mencuci rambut cukup dilakukan 1-2 kali seminggu. Jangan lupa gunakan pelembap setelahnya. Untuk menjaga agar rambut tetap bersih dalam waktu lama, Anda tidak perlu sering-sering memegang atau mengusapnya.

Kebiasaan jelek terhadap rambut lainnya yang dapat membuatnya kering adalah menggunakan alat-alat berdaya panas secara berlebihan. Entah alat pengering atau pengeriting rambut. Kebiasaan jelek ini bisa jadi tidak disadari. Anda kerap sesukanya menggunakan hair dryer, catokan atau pengeriting rambut agar penampilan menjadi lebih cantik.

Padahal, uap panas dari alat-alat tersebut adalah faktor utama yang membuat rambut berubah kering dan kusam. Jika terpaksa harus memakainya, gunakan pelindung berupa krim rambut yang banyak dijual di pasaran.

3. Perawatan Rambut yang Salah Menyebabkan Rambut Kering

Perawatan Rambut yang Salah Menyebabkan Rambut Kering

Faktor penyebab rambut kering lainnya adalah perawatan yang salah. Alih-alih sehat, jika perawatan yang diberikan pada rambut Anda salah, hasilnya akan sangat mengecewakan. Rambut yang semula sehat dan baik-baik saja, bisa rusak dan kering. Sayangnya, perawatan yang salah kerap ini tidak disadari bahkan dianggap sepele.

Baca Juga  15 Merk Serum untuk Rambut Kering Terbaik

Memilih shampoo, pelembap atau vitamin rambut perlu kehati-hatian. Hal pertama yang harus diketahui adalah jenis rambut Anda sendiri. Setelah itu, pilih shampoo atau kelengkapan lainnya dengan kandungan formula yang tepat. Menggunakan produk perawatan rambut yang formulanya tidak tepat untuk jenis rambut Anda dapat membuat rambut lebih cepat rusak.

Ada baiknya untuk teliti sebelum membeli dengan membaca terlebih dahulu kandungan produk-produk perawatan rambut tersebut. Luangkan waktu sekitar beberapa menit menjadi jauh lebih baik daripada harus repot dengan perawatan rambut rusak, yang pastinya memakan waktu perbaikan lebih lama dan uang yang tidak sedikit.

Pilih produk perawatan rambut tanpa kandungan alkohol. Selain itu pastikan juga produk perawatan rambut Anda mengandung minyak-minyak alami dari tumbuhan. Jangan gunakan produk perawatan yang mengandung bahan cukup keras.

Bagi Anda yang gemar mewarnai rambut, zat-zat pewarna rambut juga berisiko merusaknya. Agar tetap sehat, tentu saja Anda harus memilih produk perawatan yang tepat, khusus untuk rambut diwarnai.

4. Faktor Kesehatan Penyebab Rambut Kering

Faktor Kesehatan Penyebab Rambut Kering

Penyebab rambut kering yang terakhir adalah faktor kesehatan. Bagaimana pun, rambut adalah bagian dari tubuh. Tubuh yang sehat, membuat rambut juga senantiasa sehat. Sebaliknya, jika ada gangguan pada tubuh, kesehatan rambut pun dapat terpengaruh. Apa saja gangguan kesehatan yang dimaksud?

  • Anorexia nervosa: gangguan makan dapat menyebabkan tubuh kekurangan gizi. Imbasnya, rambut pun kurang mendapat asupan nutrisi sehingga menjadi kering dan kusam.
  • Hipotiroidisme: rambut yang kering dan rapuh merupakan salah satu gejala hipotiroidisme, yaitu gangguan kesehatan ini menyebabkan kelenjar tiroid Anda tidak menghasilkan hormon tiroid.
  • Menkes Syndrome: kondisi ini menyebabkan sel-sel di tubuh seseorang tidak dapat menyerap cukup banyak tembaga. Sehingga dapat memengaruhi kesehatan rambut dan membuatnya kering.
  • Hipoparatiroidisme: keadaan ini membuat kelenjar paratiroid Anda yang berada di leher hanya mampu menghasilkan sedikit hormon paratiroid. Akibatnya kalsium dalam darah menurun. Sementara kita tahu bahwa kalsium merupakan nutrisi utama yang dibutuhkan oleh tulang, gigi dan rambut untuk dapat tumbuh dengan baik.
Baca Juga  15 Merk Serum untuk Rambut Kering Terbaik

Faktor kesehatan sebagai salah satu penyebab rambut kering memang tidak terjadi pada semua orang. Hanya memang faktor tersebut juga tidak bisa dikesampingkan sebagai fakta ilmiah bahwa kesehatan rambut dapat terganggu saat tubuh tidak sehat. Baik sebagai penyebab atau tanda-tanda adanya suatu penyakit pada tubuh, keduanya saling berhubungan.

Menjaga kesehatan rambut sama pentingnya dengan menjaga bagian tubuh yang lain. Dengan mengetahui penyebab rambut kering, Anda bisa mulai mengatasinya, bahkan mencegah sebelum rambut benar-benar kering dan mengganggu penampilan. Rambut yang cantik, sehat dan terawat tentu lebih menarik. Ia sekaligus memperlihatkan ciri seseorang yang mencintai dirinya sendiri.

Bagaimana? Setuju mulai memperbaiki rambut yang kering dari sekarang?

Summary
4 Penyebab Rambut Kering yang Harus Dihindari
Article Name
4 Penyebab Rambut Kering yang Harus Dihindari
Description
Sebelum melakukan penanganan rambut kering secara tepat ada baiknya anda simak 4 Penyebab Rambut Kering yang Harus Dihindari
Author
Publisher Name
Layer.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *